BAB III
RANCANG BANGUN SISTEM
PENDUKUNG KEPUTUSAN
3.1 Gambaran Umum Sistem Lama
Sistem yang digunakan untuk menginput data masih menggunakan Sistem manual Microsoft Word dan Microsoft Excel sangat memperlambat pemrosesan suatu data yang sangat banyak dan juga memerlukan waktu yang relatif lama. Sistem yang digunakan sangat terbatas penampungannya dan juga bila ingin meng output data harus mengentry satu persatu tidak secara sekaligus. Sistem pengolahan seperti itu sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengentrykan data, karena form yang dipakai hanya untuk satu laporan saja dan tidak bisa direlasikan dengan form-form yang lain.
3.2 Struktur Organisasi
Secara etimologi ”Organisasi” berasal dari kata ”To Organize” yaitu menyusun bagian-bagian yang terpisah-pisah melakukan pekerjaan dalam mencapai suatu tujuan. Organisasi merupakan suatu yang hendak di wujudkan serta hendak didapat, karena itu tujuan organisasi akan terpancar dan tercermin kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi, wewenang dan tanggung jawab.Tujuan organisasi merupakan sumber dari semua aktivitas, oleh karena itu rumusan tujuan organisasi harus jelas, mudah dipahami dan dimengerti.
Dalam pendataan Objek dan Subjek Rumah Sakit, organisasi tersebut berada di Kabupaten Pidie. struktur organisasinya sebagai berikut :
3.3 Model Sistem Informasi
Model yang akan dipergunakan dalam Sistem Informasi Pendataan Objek dan Subjek Rumah Sakit akan di rancang untuk di jadikan sebuah sistem informasi dalam mengolah data dan mengikuti prosedur-prosedur tertentu untuk menyajikan informasi dan pengambilan keputusan dalam sebuah sistem. Diperlukan juga programer yang bisa memahami sistem yang bisa mengoperasikan sistem dalam bahasa mesin.
3.4 ERD (Entity Relationship Diagram)
Beberapa aturan bisnis mengenai relasi antar entitas dalam rancangan basis data rancang bangun sistem informasi penjualan di Kabupaten Pidie dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Entitas pegawai, dalam penempatan hanya bekerja disatu rumah sakit dalam Kabupaten Pidie.
2. Entitas pegawai, dalam penempatan hanya bekerja satu klinik saja pada rumah sakit.
3. Entitas pegawai yang akan ditempatkan dirumah sakit memiliki beberapa kriteria yang akan dihitung penilaiannya.
4. Entitas pegawai hanya beralamat atau tinggal pada satu kecamatan tempat pegawai tersebut bekerja.
5. Entitas rumah sakit dalam Kabupaten Pidie keberadaannya di setiap Kecamatan mempunyai satu rumah sakit.
6. Entitas rumah sakit pada setiap kecamatan memiliki beberapa jumlah pegawai untuk setiap klinik bagi masing-masing pegawai.
7. Entitas kecamatan, setiap kecamatan memiliki jarak dengan kecamatan lainnya.
8. Entitas kriteria, setiap kriteria-kriteria memiliki beberapa pilihan atau range, proses yang dilakukan pada kriteria tersebut tergantung dari jenis kriterianya masing-masing.
Berdasarkan aturan bisnis yang ada maka Entity Relationship Diagram
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Gambar 3.3 Entity Relationship Diagram (ERD) SPK Penempatan Pegawai
3.3.2 Tabel Basis Data Sistem Pendukung Keputusan
Tabel-tabel yang dilibatkan dalam basis data sistem pendukung keputusan penentuan penempatan pegawai rumah sakit Kabupaten pidie, diperoleh dari entitas-entitas yang ada pada gambar ERD. Tabel yang diperlukan antara lain :
3.3.2. Desain Tabel Pegawai
Desain tabel pegawai ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data-data pegawai berdasarkan data pada dinas kesehatan nasional kabupaten pidie, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.5 dibawah ini :
Tabel 3.5 desain table pegawai
No | Nama Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | Nip | Integer | 9 | Nip Pegawai (primary key) |
2 | Nama | Varchar | 25 | Nama Pegawai |
3 | JenisKelamin | Varchar | 12 | Jenis kelamin |
4 | StatusPerkawinan | Varchar | 12 | Status perkawinan |
5 | Alamat | Varchar | 25 | Alamat pegawai |
6 | IdKecamatan | Varchar | 2 | Idkecamatan (foreign key) |
7 | Pendidikan | Varchar | 12 | Pendidikan pegawai |
8 | IdKlinik | Integer | 2 | Idpelajaran (foreign key) |
9 | Agama | Varchar | 2 | Agama |
10 | TempatLahir | Varchar | 30 | Tempat lahir pegawai |
11 | TglLahir | Date | - | Tanggal lahir pegawai |
12 | Golongan | Varchar | 6 | Golongan |
13 | TahunPNS | Varchar | 4 | Tahun masuk PNS |
14 | IdRumahsakit | Integer | 2 | Idrumah sakit (foreign key) |
15 | Telepon | Varchar | 10 | No telp pegawai |
16 | Kode Pos | Varchar | 9 | Kode pos wilayah |
17 | penilaian | Float | - | Penilaian |
3.3.2.2 Desain Tabel Rumah Sakit
Desain tabel rumah sakit ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data-data pegawai berdasarkan data pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.6.
Tabel 3.6 desain tabel rumah sakit
No | Nama Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | Idrumahsakit | Integer | 2 | Idrumahsakit (primary key) |
2 | Nama | Varchar | 25 | Nama rumah sakit |
3 | Alamat | Varchar | 35 | Alamat rumah sakit |
4 | Idkecamatan | Varchar | 2 | Idkecamatan (foreign key) |
3.3.2.3 Desain Tabel Klinik
Desain tabel klinik ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data-data klinik berdasarkan data klinik dirumah sakit tersebut pada dinas kesehatan kabupaten pidie, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.7 .
Desain 3.7 desain tabel klinik
No | Nama Field | Tipe data | Ukuran | Keterangan |
1 | Idklinik | Integer | 2 | Idklinik (primary key) |
2 | Nama | Varchar | 25 | Nama klinik |
3 | Jumjam | Integer | 2 | Jumlah jam |
3.3.2.4 Desain Tabel Kecamatan
Desain tabel kecamatan ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data-data kecamatan yang ada dalam kabupaten pidie, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.8.
Tabel 3.8 desain tabel kecamatan
No | Nama Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | IdKecamatan | Integer | 2 | Idkecamatan (primary key) |
2 | NamaKecamatan | Varchar | 25 | Nama kecamatan |
3.3.2.5 Desain Tabel Tahun Ajaran
Desain tabel tahun ajaran ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data-data menurut tahun ajaran pada rumah sakit, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.9.
Tabel 3.9 desain tabel tahun ajaran
No | Nama Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | IdTahunAjaran | Integer | 4 | Idtahun ajaran (primary key) |
2 | Deskripsi | Varchar | 15 | Tahun ajaran |
3.3.2.6 Desain Tabel Jarak Lokasi
Desain tabel jarak lokasi ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data jarak lokasi alamat pegawai dengan rumah sakit, untuk lebih jelas dapat dilihat pada atbel 3.10.
Tabel 3.10 desain tabel jarak
No | Tipe Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | IdJarak | Integer | 2 | Id jarak (primary key) |
2 | Idkecamatan1 | Integer | 2 | Id kecamatan1 (foreign key) |
3 | Idkecamatan2 | Integer | 2 | Id kecamatan2 (foreign key) |
4 | Jarak | Integer | 4 | Jarak |
3.3.2.7 Desain Tabel Nilai Kriteria Pegawai
Desain tabel nilai kriteria pegawai ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data nilai kriteria pegawai, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.11.
Tabel 3.11 desain tabel nilai kriteria pegawai
No | Tipe Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | IdNilai | Integer | 2 | Id nilai (primary key) |
2 | IdKriteria | Integer | 2 | Id kriteria (foreign key) |
3 | Nip | Integer | 9 | Nip guru |
4 | Nilai | Integer | 2 | Nilai kriteria |
3.3.2.8 Desain Tabel Kriteria
Desain tabel kriteria ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data kriteria-kriteria yang dinilai bobot dan jenis dari nilai kriteria tersebut, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.12.
Tabel 3.12 desain tabel kriteria
No | Tipe Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | IdKriteria | Integer | 2 | Id kriteria (primary key) |
2 | Nama | Vachar | 25 | Nama kriteria |
3 | Bobot | Integer | 2 | Bobot nilai |
4 | Jenis | Vachar | 15 | Jenis kriteria |
3.3.2.9 Desain Tabel Pilihan
Desain tabel pilihan ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data-data pilihan-pilihan kriteria, nama pilihan dan skor-skor, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.13.
Tabel 3.13 desain tabel pilihan
No | Tipe Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | Idpilihan | Integer | 2 | Id pilihan (primary key) |
2 | Idkriteria | Integer | 2 | Id kriteria (foreign key) |
3 | Nama | Vachar | 25 | Nama kriteria |
4 | Skor | Integer | 3 | Skor |
3.3.2.10 Desain Tabel Range
Desain tabel range ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data-data nama range serta skor, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.14.
Tabel 3.14 desain tabel range
No | Nama Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | IdRange | Integer | 2 | Idrange (primary key) |
2 | IdKriteria | Integer | 2 | Idkriteria (foreign key) |
3 | Deskripsi | Vachar | 25 | Deskripsi |
4 | Min | Integer | 2 | Nilai minimum |
5 | Max | Integer | 2 | Nilai maxsimum |
6 | Skor | Integer | 2 | Skor |
3.3.2.11 Desain Tabel Jumlah Pegawai
Desain Tabel jumlah pegawai ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data-data jumlah pegawai pada setiap rumah sakit, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.15.
Tabel 3.15 desain tabel jumlah pegawai
No | Tipe Field | Tipe Data | Ukuran | Keterangan |
1 | IdTahunAjaran | Integer | 4 | Id tahun ajaran (primary key) |
2 | IdRumahsakit | Integer | 2 | Id rumah sakit (foreign key) |
3 | Idklinik | Integer | 2 | Id klinik (foreign key) |
4 | jmlKebutuhanPegawai | Integer | 2 | Jml kebutuhan pegawai |
3.3.2.12 Desain Tabel Penempatan
Desain tabel penempatan pegawai ini fungsinya adalah untuk menginput dan menyimpan data-data pegawai yang akan ditempatkan pada setiap rumah sakit dalam Kabupaten Pidie, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.16.
Tabel 3.16 desain tabel penempatan pegawai
No | Nama Field | Tipe data | Ukuran | Keterangan |
1 | IdPenempatan | Integer | 2 | Id penempatan (primary key) |
2 | Nip | Integer | 9 | Nip pegawai (foreign key) |
3 | IdRumahsakit | Integer | 2 | Id rumah sakit (foreign key) |
3.5 Rancangan Data Flow Diagram (DFD) / Diagram Aliran Data
Data flow diagram (DFD) / diagram aliran data adalah sebuah teknik grfis yang menggambarkan aliran informasi dan trnformasi yang diaplikasikan pada saat data bergerak dari input menjadi output.
DFD digunakan untuk menyajikan sebuah sistem atau perangkat lunak pada setiap tingkat abstraksi. DFD dapat dipartisi ke dalam tingkat-tingkat yang merepresentasikan aliran informasi yang bertambah. DFD memberikan suatu mekanisme bagi pemodelan fungsional dan pemodelan aliran informasi. DFD untuk sistem pendukung keputusan penentuan penempatan pegawai dirumah sakit Kabupaten Pidie ditunjukkan pada gambar 3.4 sampai dengan gambar 3.6
|
Laporan Penilaian Pegawai
Data Pegawai
Data Rumah Sakit
Data Klinik
Data Kecamatan
Data Jarak
Data Tahun Ajaran
Data Jumlah Pegawai
Data Kriteria
Data Range
Data Pilihan
Gambar 3.4 DFD Level 0 SPK Penempatan Pegawai Rumah Sakit
|
|
|
|
|
|
Penempatan pegawai
|
Data klinik
Data kecamatan
Data jarak
Data tahun ajaran
Data jumlah pegawai
Data kriteria
Data pilihan
Data range
Data jarak
Nip pegawai Data pegawai
Data kriteria
Data pilihan
-Data range-data penempatan
3.6 Rancangan Basis Data
Rancangan basis data merupakan serangkaian pertanyaan yang relevan dengan berbagai macam proses data, misalnya object data yang akan diproses oleh sistem komputerisasi masing-masing object data dan atribut yang menggambarkannya serta bagaimana hubungan antara masing-masing object data tersebut.
Data yang akan digunakan dalam Komputerisasi Bantuan langsung tunai di tampung dalam Basis data. Basis data di rancang agar data yang berkaitan ini dapat terorganisir dan tersimpan dengan baik, sehingga memudahkan dalam pencarian dan perubahan data.
3.6.1 Tabel Basis Data
Tabel-tabel yang dilibatkan dalam basis data Rancang Bangun Sistem Informasi Bantuan Langsung Tunai diperoleh dari entitas-entitas yang dirancang.
3.6.2 Desain Tabel kecamatan
Desain tabel Kecamatan ini berguna untuk menginput data-data dalam Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 3.11. Kecamatan
No | Field Name | Type | Size | Keterangan |
1 | Kdkec | Character | 2 | Kode Kecamatan (Primary Key) |
2 | Nmkec | Character | 45 | Nama Kecamatan |
3.6.3 Desain Tabel jarak
Desain tabel jarak ini berguna untuk menginput data-data dalam Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 3.12 jarak
No | Nama Field | Type | Size | Keterangan |
1 | KdKec | Character | 2 | Kode Kecamatan (Foregn Key) |
2 | Kdjarak | Character | 2 | Kode jarak (Primary Key) |
3 | Nmjarak | Character | 45 | Nama jarak |
3.6.4 Desain Tabel Biodata
Desain tabel Biodata ini berguna untuk menginput data-data dalam Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 3.13. Biodata
No | Field Name | Type | Size | Keterangan |
1 | KdKec | Character | 2 | Kode Kecamatan (Foregn Key) |
2 | KdJarak | Character | 2 | Kode Jarak (Foregn Key) |
3 | Nip | Character | 15 | Nip Pegawai (Primary Key) |
4 | Nama | Character | 45 | Nama |
5 | Tmpt_Lhr | Character | 45 | Tempat Lahir |
6 | Tgl_Lhr | Data | 8 | Tanggal Lahir |
7 | Almt | Character | 45 | Alamat |
8 | Pekerjaan | Character | 45 | Pekerjaan |
9 | Agama | Character | 12 | Agama |
10 | Jekel | Character | 12 | Jenis Kelamin |
11 | Status | Character | 12 | Status |
3.6.5 Desain Tabel Penerima
Desain tabel penerima ini berguna untuk menginput data-data dalam Kabupaten Pidie, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 3.14.Penerima
No | Nama Field | Type | Size | Keterangan |
1 | Kdkec | Character | 2 | Kode kecamatan (Foregn Key) |
2 | KdJarak | Character | 2 | Kode jarak (Foregn Key) |
3 | Nip | Character | 15 | Nip Pegawai (Primary Key) |
4 | Nama | Character | 45 | Nama |
5 | Tgl | Date | 8 | Tanggal penerima |
6 | Tahap | Character | 2 | Tahap |
7 | Jumlah | Character | 15 | Jumlah |
3.7 Rancangan Dialog
Rancangan dialog ini befungsi untuk memudahkan terjadinya interaksi antara pemakai dengan sistem, dimana dalam dialog tersebut terdiri dari menu utama dan juga sub menu yang lain termasuk menu laporan .
Form ini digunakan untuk mengatur hak akses pemakai terhadap sistem dimana masing-masing di beri kewenangan yang berbeda-beda dalam pengelolaan sistem tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada gambar berikut :
Gambar.3.15. Desain Dialog Login
3.7.1 Rancangan Dialog Menu Utama
Rancangan Menu Bantuan Langsung Tunai adalah sebagai berikut :Rancangan dialog menu ini terdiri dari Master Data, Riport/laporan, Amin, Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada gambar berikut :
| ||||||
|
| |||||
Gambar.3.16. Desain Dialog Menu Utama
Didalam form designer data pegawai Pada Kabupaten Pidie tersebut diatas terdapat beberapa form designer untuk penginput data pegawai rumah sakit Pada Kabupaten Pidie, diantaranya :
3.7.2 Form Designer Kecamatan
Desain form kecamatan untuk menginput dan merekam data Kode kecamatan, Nama kecamatan, untuk lebih jelasnya dapat dilihat padagambar 3.17 Desain sub form kecamatan di bawah ini:
Gambar.3.17. Desain Form Kecamatan
3.7.3 Form Designer Jarak
Desain form Desa ini gunanya untuk menginput dan merekam data Jarak, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.18 desain sub form Jarak dibawah ini :
|
Gambar.3.18. Desain Form Jarak
3.7.4 Form Designer Biodata
Desain form Biodata ini gunanya untuk menginput dan merekam data Kode Kecamatan, Kode Jarak, Nip, Nama, Tmpt_Lhr, Tgl_Lhr, Alamat, Pekerjaan, Agama, Jekel, Status, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.19. desain sub form Biodata dibawah ini :
|
Gambar.3.19. Desain Form Biodata
3.7.5 Form Designer Penerima
Desain form Penerima ini gunanya untuk menginput dan merekam data, Kode kecamatan, Kode Jarak, Nip, Nama, Tgl_Terima, Tahap, Jumlah Terima untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.10. desain sub form Penerima dibawah ini :
|
Gambar.3.20. Desain Form Penerima
3.7.6 Desain Berkas Laporan
Setelah melalui proses pembuatan interfece input dan lain sebagainya, untuk asil akhir sebuah aplikasi tentunya kita memerlukan sebuah laporan yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada semua pihak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
Dalam Bantuan Langsung Tunai Di kabupaten pidie ini penulis merancang beberapa laporan atau out-put yang di butuhkan antara lain sebagai berikut :
3.7.6.1 Laporan Berdasarkan Kecamatan
Yaitu laporan Berdasarkan Kecamatan. Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.21
Kode Kecamatan :
Nama Kecamatan :
No Id | Nama penerima | Tmpt_lhr | Tgl_lhr | Jumlah | Tgl Terima |
| | | | | |
Gambar.3.21. Desein Laporan Berdasarkan Kecamatan
3.7.6.2 Laporan Berdasarkan Jarak
Yaitu laporan Berdasarkan jarak. Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.22.
Kode Kecamatan :
Kode Jarak :
Nma Jarak :
Nip | Nama penerima | Tmpt_lhr | Tgl_lhr | jumlah | Tgl_terima |
| | | | | |
Gambar.3.22. Desein Laporan Berdasarkan jarak
3.7.6.3 Laporan Berdasarkan Per Tahap
Yaitu laporan Berdasarkan Per Tahap. Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.23.
Nip | Nama Penerima | Tanggal Terima | Jumlah Terima |
| | | |
Gambar.3.23. Desein Laporan Berdasarkan Per Tahap
3.7.6.4 Laporan Rekapitulasi
Yaitu laporan Rekapitulasi. Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar 3.24.
Gambar.3.24. Desein Laporan Rekapitulasi
Nip | Nama | Tempat Lahir | Tanggal Lahir | Jenis Kelamin | Alamat | kec | Jarak |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar